Pelaku Money Politics di Lamongan dan Surabaya Ditangkap

golkarjatim

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera

GOLKAR JATIM - Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera menyatakan ada dua wilayah yang terjaring operasi tangkap tangan atas dugaan money politics dalam masa tenang Pemilu yang akan digelar pada Rabu (17/4/2019) besok.

“Kita melakukan penangkapan di Lamongan dengan barang bukti uang Rp 1 miliar dan dua orang kita amankan dari salah satu partai untuk kegiatan-kegiatan partai, sedangkan di Gayungan kita amankan satu orang dengan barang bukti Rp 250 juta,” ujar Barung, Selasa (16/4/2019).

Ketika ditanya partai apa yang menaungi dua orang yang ditangkap tersebut, Barung menyebut partai Gerindra. “Sama dengan Gayungan dari Partai Gerindra juga, untuk yang di Lamongan adalah Caleg,” ujarnya.

Penanganan kasus ini lanjut Barung karena ini wilayah pemilu jadi dikoordinasikan dengan Gakumdu. Sedangkan barang bukti Rp 250 diserahkann ke Bawaslu sementara yang Rp 1 miliar masih diplenokan,” tambahnya.

Perlu diketahui, dua orang calon legeslatif (Caleg) dari partai Gerindra berinisial TF dan OR diamankan anggota Polres Lamongan, Selasa (1624/2019) dini hari. Diduga keduanya hendak melakukan ‘serangan fajar’ alias money politic. Lantaran keduanya didapati membawa sejumlah uang yang diduga akan diberikan pada pemilih.